5 WISATA ALAM DI BALI

shares |

TEMPAT WISATA ALAM DIBALI

Berbagai keajaiaban alam yang luar biasa ini seolah meyakinkan kita bahwa pada jaman dahulu meyakinkan dewa-dewi pernah menginjakkan kakinya di pulau Bali.

Di Bali selain terkenal dengan restorannya yang sangat banyak dan unik dengan rasanya, ada surga tersembunyi yaitu wisata alamnya yang sangat menakjubkan dan menarik para wisatawan untuk mengujungi Denpasar Bali.

Beberapa diantara pesona alam ini bahkan nyaris dikunjungi oleh para wisatawan. Agar dapat menikmati wisata alam yang tak terjamah yang ada di Pulau Dewata, Kami sarankan agar menggunakan pemandu wisata lokal yang berpengalaman, atau mengatur perjalanan anda sendiri.

1. BUKIT MENDE'

Jika Anda dan pasangan tidak memiliki cukup banyak kesamaan, inilah waktunya untuk berbagi kesenangan melalui hobi yang cocok untuk Anda berdua.

Sama seperti halnya sebuah hubungan, untuk mendapatkan pemandangan yang spektakuler dan indah dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Bukit Mende adalah salah satu lokasi pendakian di Bali yang belum terlalu terkenal, jadi dijamin nggak terlalu banyak turis.

Pendakiannya relatif mudah, tetapi benar-benar layak dicoba dan sangat indah! Saat berjalan menelusuri bukit mungkin akan terasa menantang, tetapi apa lagi yang bisa diberikan selain dukungan mental dan fisik satu sama lain? Siapa tahu Anda berdua malah jatuh cinta dengan kegiatan mendaki ini!

2. LADANG BUNGA GEMITIR DESA TEMUKUS

Desa Temukus tidak didominasi warna wijau, tapi jingga. Ya, tempat ini terkenal karena keindahan bunga-bunga yang mekar dengan kelopak berwarna kuning-jingga.


Jika Anda perhatikan, ada satu bunga khusus yang digunakan dalam setiap ritual di Bali, yaitu bunga Marigold, atau warga lokal biasa menyebutnya ‘Gemitir’. Bayangkan betapa menyenangkannya bisa berada di tengah kebun bunga Marigold.

Desa Temukus adalah desa yang tenang di Bali Timur, berdekatan dengan pura paling suci (yang sayangnya juga paling komersil) di Bali. Banyak warga desa tersebut yang menanam bunga, jadi Anda bakal mudah menemukan kebun bunga di sini. Tapi jangan lupa meminta izin dari warga lokal sebelum masuk ke kebun mereka.


Dan tips penting buat Anda, akan lebih baik mengunjungi tempat ini sebelum musim panen, jadi Anda bisa melihat kebun yang penuh dengan hamparan bunga bermekaran (biasanya sebelum hari raya keagamaan, jadi Anda bisa mengecek dari teman Bali Anda mengenai tanggal yang pas berkunjung ke sana, mengingat Bali menggunakan kalender kabisat, sehingga ada perubahan tanggal perayaan di setiap tahunnya).

Oh ya, kalau berencana ke sini, jangan lupa untuk singgah juga ke Padang Kasna Temukus yang terletak di Dusun Junggul, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Berbeda dengan Kebun gemitir yang menyerupai lautan jingga, bunga-bunga Kasna ini berwarna putih, sehingga dijuluki Edelweiss-nya Bali. Latar belakang Gunung Agung membuat pemandangan tambah dramatis!

3. AIR TERJUN TUKAD CEPUNG

Anda pasti tahu kalau air terjun di Bali keren-keren. Salah satunya yang masih jarang dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Tukad Cepung.

Suasana di sini benar-benar serasa di alam liar! Anda harus banyak memanjat dan mendaki untuk bisa menjumpai si cantik ini, oleh karena itu kenakanlah alas kaki yang sesuai.

Tak kalah penting, jaga baik-baik lingkungan di sekitar air terjun ini sebagaimana warga setempat menjaganya. Begitu melewati turunan, mendongaklah dan lihat tebing yang mengelilingi air terjun dengan aliran air dari sungai di atasnya.


Kami sudah banyak mendengar cerita dari mereka yang sudah berkunjung ke Tukad Cepung. Karena air terjun ini tergolong masih perawan, makanya tidak ada tiket masuk resmi. Namun salah seorang wisatawan mengaku dikenai biaya Rp10.000 untuk memasuki kawasan ini.

Tetaplah waspada jika memutuskan berkunjung ke sini, dan cari informasi tentang tinggi air sebelum berkunjung. Pasalnya, di musim hujan ketinggian air bisa sangat ekstrem dan berbahaya.

4. TUKAD MELANGIT,ANTUNGAN

Siapa sih yang tidak suka selfie? Apalagi kalau hasil foto selfie tersebut mendapatkan banyak ‘like’ di Instagram.


Nah, agar hasil foto Anda maksimal, maka latar belakangnya tentu juga harus luar biasa, seperti yang ada di Banjar Antugan, Jehem, Kabupaten Bangli ini.

Di dusun tersebut terdapat sebuah lembah bernama Tukad Melangit yang memiliki panorama spektakuler berupa langit biru dan perbukitan hijau nan indah.

Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, pengunjung disediakan semacam rumah panggung dari bambu dengan landasan memanjang sekitar 5 meter dari bibir tebing di ketinggian sekitar 300 meter! Dan di sinilah lokasi incaran para pengunjung yang ingin ber-selfie ria sambil menguji adrenalin.


Tak perlu was was soal keamanan, karena para pemuda setempat secara bergiliran akan mengawasi dibantu dengan petugas desa setempat. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah keberanian.

5. PANTAI ATUH

Di Nusa Penida Anda dapat menemukan beberapa pantai terpencil paling indah di Bali, salah satunya adalah Pantai Atuh yang terletak di pesisir timur pulau ini.

Dilihat dari kejauhan, pantai berpasir putih di sebuah teluk ini tampak begitu memukau, diapit oleh Tanjung Juntil yang menjorok ke laut di sebelah kiri, serta pulau karang nan curam Labuan Ampuak di sebelah kanannya. Pemandangan Pantai Atuh akan lebih spektakuler lagi pada saat permukaan air laut sedang surut, karena Anda akan dapat melihat batu-batu karang di sekitarnya dengan lebih jelas, sehingga menambah kesan dramatis.


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar