KULINER BALI

shares |

JAJANAN BALI  YANG WAJIB DICOBA


Siapa si yang tidak mengenal Pulau Bali yang terletak di Negara Indoneisa ini? Bali merupakan sebuah pulau pariwisata yang sudah tidak asing lagi didengar oleh semua kalangan baik lokal maupaun mancanegara. Selain terkenal dengan tempat wisatanya Bali memiliki kuliner yang wajib dicoba oleh kalian yang berkunjung ke bali diantaranya :
1. AYAM BETUTU

Siapa si yang tidak pernah dengar nama kuliner AYAM BETUTU yang sangat terkenal di Bali ini? Pasti semua tahu bukan, AYAM BETUTU merupakan kuliner bagi para pecinta pedas dengan rempah-rempah pilihan yang membuat anda ketagihan. Uniknya, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik. Daging Betutu tidak hanya menggunakan daging ayam tetapi bisa juga menggunakan daging bebek loh.

2. NASI CAMPUR AYAM BALI

NASI CAMPUR AYAM BALI merupakan salah satu makanan khas Bali yang paling populer. Bagi penduduk lokal menu ini merupakan makana untuk sehari-hari. Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap untuk disantap menemani nasi putih hangat. Makan Nasi Campur bakal lebih nikmat, ketika kalian mencampurnya dengan sambel matahatau sambel embe khas Bali. Menariknya dari menu makanan ini adalah tampil dengan bervariasi lauk disetiap Rumah Makan Bali, misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng.

3. SATE LILIT


Dari namanya saja sudah berbeda bukan dari sate yang lainya, kalu sate biasanya disajikan dengan cara ditusuk dipotong dadu kalau Sate Lilit ini dengan cara ditusuk dan dililit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium bau wangi yang sedap. Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggiri lah yang menjadi primadona di Bali.

4. RUJAK KUAH PINDAH & RUJAK BULUNG

Rujak pada umunya menggunakan buah beda dengan di Pulau Bali Rujak yang disajikan dengan Ikan Tuna. Rasakan sensasi pedas sekaligus segar di lidah, saat kamu menyantap irisan mangga dengan campuran Kuah Pindang dan cabe super pedas. Tidak hanya mangga, kamu juga bisa mengganti isiannya dengan campuran berbagai jenis buah atau bahkan rumput laut.
Di Bali, rujak rumput laut yang menggunakan bumbu kuah pindang ini dikenal dengan nama Rujak Bulung. Selamat mencoba sensasi segar yang muncul dari kombinasi rumput laut dan kuah pindang!
5. SEROMBOTAN

Di negeri barat menu ini terkenal dengan salad dan di Jawa sangat identik dengan sayur urap, Bali tidak kalah identik dengan kuliner sayur-sayuran khas bernama Serombotan. Kuliner khas Klungkung ini menyajikan campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare. Sementara itu bumbunya dikenal dengan nama Kalas, yakni semacam santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bumbu ini dikombinasikan lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas.
Berikut 5 kuliner Bali yang wajib dicoba saat anda bertamasya ke Bali jangan sampai lupa dengan kulinernya. Kuliner Bali memiliki rasa yang sangat khas beda dengan kuliner lainyya meskipun kuliner lainya juga memiliki cita rasa yang tersendiri.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar